Pengertian Sholat Tarawih


Hai sobb,. whatsdupp?? pasti baik kan? Kali ini admin mau ngulas tentang Shalat Tarawih. Sobat yang islam pasti udah tau kan shalat Tarawih itu?? pasti dong, karena shalat tarawih itu hanya dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

Shalat Tarawih adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada setiap malam bulan ramadhan. Hukumnya sunnah muakad (dipentingkan). Dapat dikerjakan sendirian atau berjamaah, waktunya sesudah shalat Isya' sampai terbit fajar dan sebagai penutup shalat Witir.

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang melakukan shalat lail pada bulan Ramadhan, dengan penuh keimanan dan mengharapkan ganjaran (pahala) di sisi Allah, maka ia akan diampunkan dosa-dosanya yang tardahulu." (HD. Muslim)

Berdasarkan riwayat Bukhari dan Muslim yang bersumber dari "Aisyah, jumlah raka'at shalat sunnah tarawih adalah 11 raka'at (termasuk di dalamnya shalat sunnah witir). Sedangkan berdasarkan amalan yang dilakukan Umar bin Khattab r.a, jumlah shalat sunnah tarawih adalah 23 raka'at (termasuk di dalamnya shalat sunnah witir)

Doa Sesudah Shalat Tarawih

1. Asyhadu anlaa ilaahaa illallah astaghfirullah nas aaluka ridaaka wal jannata wa na'uudzubika min sahatika wan naar. Artinya : "Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah, saya minta ampun kepad Allah. Saya minta ridha-Mu mohon surga, dan saya minta perlindungan dari kemurkaan-Mu dari neraka."

2. Allaahumma innak'afuwwun kariim tuhibbul'afwa wa'fu'anna 3x. Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya engkau Tuhan yang memberi dan yang mulia. Engkau suka memberiampunan, maka berilah ampunan kepadaku."

Doa sesudah Shalat Witir

1. Subhaanal malikiil qudduus 3x
2. Subbuuhun quddusun rabbunaa wa rabbul malaaikatu warruuh.

Artinya: 
1. Maha suci Allah yang berkuasa, Allah yang maha Quddus 3x
2. Maha suci Allah Tuhan kami, Tuhannya Malaikat dan roh.

Sekian sob artikel dari saya. Wassalammualaikum Wr Wb

0 Response to "Pengertian Sholat Tarawih"

Post a Comment

Rank

Member of


Subcribe

  
Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan artikel terbaru gratis ke email anda.





Blog Barcode


Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free


notifikasi
close